Saturday, September 1, 2012

Perbedaan Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi

Teori dasar dalam ilmu ekonomi dibedakan menjadi dua kumpulan teori ekonomi yaitu mikroekonomi dan makroekonomi. Salah satu aspek yang membedakannya adalah corak dari setiap analisis yang dibuat.

1. Isu-isu Utama dallam Analisis Mikroekonomi
Analisis dalam teori mikroekonomi bertitiktolak dari pandangan yang menganggap bahwa faktor-foktor produksi atau sumber-sumber yang dimiliki masyarakat adalah terbatas, sedangkan keinginan manusia tidak terbatas. Maka masyarakat haruslah membuat pilihan-pilihan. Kegiatan memilih ini perlu dibedakan menjadi dua aspek yaitu (i) dalam kegiatan memproduksi barang dan jasa (ii) dalam kegiatan menggunakan barang dan jasa. Kedua persoalan ini merupakan isu utama dalam mikroekonomi. Ada tiga pernyataan yang harus dijawab:

  • Bagaimanakah caranya memproduksi berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan tersebut? Sebelum menjalankan kegiatan memproduksi, maka bagaimana cara memproduksi adalah pertanyaan yang harus dijawab dan terwujud dalam teori mikroekonomi yang menerangkan tentang teori produksi, biaya produksi dan struktur pasar (dan penentuan harga dan jumlah produksi diberbagai pasar) bertujuan untuk menerangkan bagaimana seorang produsen memecahkan persoalan tersebut.
  • Untuk siapakan berbagai barang dan jasa tersebut diproduksi? Sebagai akibat dari penggunaan faktor produksi dalam kegiaatan menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat akan tercipta aliran pendapatan kepada faktor-faktor produksi yang digunakan. Aliran ini akan menentukan corak distribusi pendapatan dalam masyarakat, selanjutnya corak distribusi pendapatan ini akan menentukan corak permintaan masyarakat atas barang dan jasa. Dengan demikian aliran pendapatan yang berlaku sebagai akibat kegiatan produksi barang dan jasa akan mendapat memecahkan persoalan untuk siapa barang dan jasa tersebut diproduksi.
  • Apakah jenis barang dan jasa yang harus diproduksi? Analisis mengenai interaksi antara produsen dan  konsumen (penjual dan pembeli) diterangkan dalam teori permintaan dan penawaran. Dalam teori perilaku konsumen menerangkan dengan lebih terperinci sikap para pembeli dalam memilih barang yang akan dibelinya.
Untuk mewujudkan barang dan jasa yang diperlukan faktot-faktor produksi yang terbatas jumlahnya dan memerlukan biaya atau pengorbanan untuk memperolehnya. Oleh sebab itu para pengusaha harus efisien dalam menggunakan faktor produksi tersebut.

2. Isu-isu Utama dalam Analisis Makroekonomi
makroekonomi membahas isu-isu penting yang selalu dihadapi suatu perekonomian. Analisisnya berusaha memberi jawaban kepada pertanyaan mengapa pertumbuhan ekonomi tidak selalu teguh? Mengapa kegiatan ekonomi tidak seimbang atau stabil? Mengapa pengangguran dan kenaikan harga selalu berlaku? Juga menerangkan keadaan-keadaan yang menciptakan masalah tersebut, analisis makroekonomi menerangkan pula langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.
Anallisis mengenai penentuan tingkat kegiatan yang dicapai suatu perokonomian merupakan bagian penting dalam analisis makroekonomi. Dalam suatu perekonomian modern terdapat pengeluatan yang dibedakan menjadi empat golongan:

  1. pengeluaran konsumsi rumah tangga
  2. investasi perusahaan
  3. pengeluaran konsumsi dan investasi pemerintah
  4. ekspor (pembelian barang buatan dalam negeri oleh negara-negara lain)
Setiap perekonomian akan selalu menghadapi masalah pengangguran, kenaikan harga, dan pertumbuhan ekonomi yang tidak teguh. Masalah ini akan menimbulkan dampak yang buruk terhadap masyarakat dan harus dihindari atau dikurangi.
Menerangkan sebab-sebab dari berlakunya masalah tersebut dan kebijakan pemerintah yang dapat dijalankan untuk mengatasi masalah itu merupakan aspek penting lain yang dibicarakan oleh makroekonomi.

Masalah makroekonomi yang selalu dihadapi oleh suatu negara:

  1. masalah pertumbuhan ekonomi
  2. masalah ketidakstabilan kegiatan ekonomi
  3. masalah pengangguran dan inflasi
  4. masalah neraca perdagangan dan neraca pembayaran

Share this

0 Comment to "Perbedaan Mikro Ekonomi dan Makro Ekonomi"

Post a Comment

Jika ada pertanyaan, link mati, dan ucapan terima kasih, silahkan isi di kotak komentar...