Thursday, September 22, 2011

Sintaks Program PHP

PHP adalah bahasa yang dirancang untuk mudah diletakkan didalam kode HTML. Banyak dijumpai kode PHP yang menyatu dengan kode HTML. Kode PHP diawali dengan tag <?php dan diakhiri dengan tag >?. Apabila kita melakukan konfigurasi terhadap file php.ini  untuk mengizinkan penggunaan tag pendek (short tag) dengan mengubah nilai short_open_tag menjadi On, maka tag tersebut dapat diganti dengan <? dan ?>. dalam PHP 5, nilai default dari short_open_tag adalah off. Selain itu, PHP kita juga dapat menggunakan tag gaya ASP, <% dan %>, dengan mengubah nilai asp_tags dalam file php.ini menjadi On.  Dalam modul ini, kita akan tetap menggunakan tag <?php dan ?> untuk menulis kode PHP.
Berikut contoh kode PHP yang paling sederhana.

<?php
Echo “Hello World”;
?>

Perintah echo didalam PHP berguna untuk mencetak nilai, baik teks maupun numerik kelayar web browser. Selain echo, kita juga dapat menggunakan print, sehingga kode diatas juga dapat ditulis seperti berikut.

<?php
Print “Hello World”;
?>

Echo dan print juga memiliki bentuk penulisan yang lain, seperti layaknya pemanggilan fungsi. Berikut ini bentuk lain tersebut.

<?php
echo (“Hello World”);      //mencetak teks “Hello World”
echo (1);                  //mencetak angka 1
print (“Hello World”);     //mencetak teks “Hello World”
print (100);               //mencetak angka 100
?>

Setiap perintah atau statemen didalam kode PHP harus diakhiri dengan tanda titik koma atau semicolon (;).
Hasil yang akan diberikan oleh kedua kode diatas adalah sama. Meskipun demikian, penggunaan echo lebih banyak digemari oelh para programmer web.

Share this

0 Comment to "Sintaks Program PHP"

Post a Comment

Jika ada pertanyaan, link mati, dan ucapan terima kasih, silahkan isi di kotak komentar...