Friday, December 14, 2012

10 Bangunan-bangunan Kuno yang Diukir dari Batu

Ketika kita berbicara tentang bangunan batu yang diukir, sebagian besar orang akan membayangkan Petra di Yordania. Tempat itu terkenal dikarenakan ukirannya begitu indah. Tetapi banyak yang tidak tahu bahwa itu hanyalah salah satu dari banyak pahatan batu yang sama, yang beberapa di antaranya mungkin harus mendapat predikat ukiran yang lebih indah. Dalam daftar ini kita akan melihat sepuluh bangunan batu yang diukir, yang sangat mungkin Anda belum pernah mengetahuinya.
10. Gila Cliffs
Rumah tebing Gila di New Mexico Barat Daya serupa dengan Mesa Verde bahwa mereka mengambil keuntungan dari gua yang ada dan memperluas mereka untuk kenyamanan manusia. Orang-orang Mogollon tinggal didalamnya selam sekitar 1275 - 1300 AD, tidak diketahui apa alasan mereka meninggalkan tempat ini dalam waktu yang singkat. Ada 46 ruangan di gua tempat tinggal yang diyakini telah menjadi rumah bagi sekitar lima belas keluarga.





9. Bandelier National Monument
Bandelier Monumen Nasional adalah rumah yang diawetkan (diukir dari batuan dan gua) dari suku Pueblo Kuno, pribumi Amerika. Mereka tidak hanya menciptakan monumen Bandelier nasional tetapi situs-situs yang luar biasa lainnya di Amerika. Pada situs ini, Anda dapat melihat rumah, bangunan seremonial, dan lukisan batu.






8. Mesa Verde
Mesa Verde berada di Montezuma County, Colorado. Ini adalah situs besar yang dipenuhi dengan rumah-rumah dan desa-desa dari masyarakat Puebelo (seperti dalam no. 9). Di akhir 1190 mereka mulai membangun rumah-rumah tebing mereka. Yang paling menonjol dan tentu saja yang terbesar, dikenal dengan nama Cliff Palace. Bangunan yang memanfaatkan gua-gua alami yang diperdalam sesuai kebutuhan untuk memberikan lebih banyak ruang.






7. Lycian Tombs
Lycian Tombs (Makam Lycian) berlokasi di dekat Dalyan di Turki adalah serangkaian makam diukir dari muka tebing. Mereka dibangun oleh orang-orang Lycian (sekutu Trojan selama perang Trojan) yang umumnya ditularkan dari penakluk ke penakluk melalui sejarah hingga mayoritas dari mereka dipaksa untuk meninggalkan Turki dan pindah ke Yunani setelah perang Yunani-Turki dalam pertukaran populasi. Reruntuhan-reruntuhan kota perdagangan kuno, Kaunos, berada di dekatnya sehingga layak untuk dikunjungi.






6. Lalibela
Lalibela adalah sebuah kota di timur laut Ethiopia terkenal karena gerejanya terbuat dari batu berukir. Hal ini dianggap sebagai salah satu situs tersuci di Ethiopa. Tata letak gereja-gereja yang dianggap mewakili Yerusalem (itu adalah wilayah Kristen). Ini membantu memperkirakan usia patung-patung itu berasal dari abad ke-12. Total keseluruhan terdapat tiga belas buah gereja berada di tempat itu.






5. Abu Simbel
Pada abad ketiga belas SM, Firaun Ramses II memiliki candi Abu Simbel yang diukir dari batuan sebagai monumen untuk dia dan istrinya. Pada tahun 1968 bendungan Aswan membuat struktur luar biasa untuk mencegah ancaman banjir sehingga seluruh hal itu terangkat dan pindah ke sebuah bukit buatan - menyimpannya agar generasi mendatang masih dapat melihatnya. Sampai sekarang tempati ini tetap menjadi salah satu tujuan utama wisata Mesir.



4. Petra
Didirikan sekitar 312 SM oleh orang-orang Nabatea, Petra adalah kota yang dipahat dari batu, seindah hiasan yang diukir. Orang-orang Nabatea juga mendirikan sistem tangki (juga diukir di batu) yang memungkinkan mereka untuk menetap di daerah yang sangat kering. Bangunan diukir paling rumit adalah kuil Al Khazneh, yang jelas dipengaruhi oleh arsitektur Yunani Kuno.



3. Longmen Caves
Gua Longmen adalah rumah bagi puluhan ribu (beberapa perkiraan hingga 100 ribu) dari patung-patung Buddha dan murid-muridnya. Mereka diukir ke dalam gua dan muka tebing pegunungan Xiangshan juga Longmenshan di Cina. Patung-patung pertama diukir antara tahun 400 dan 1100. Pekerjaan ini dibiayai oleh sumbangan dari keluarga kaya, royalti, dan kelompok agama. Mereka benar-benar luar biasa dan UNESCO menyebutnya "Merupakan manifestasi luar biasa dari kreativitas seni manusia."



2. Ajanta Caves
Gua Ajanta di Maharashtra, India dan mereka terdiri dari sekitar 30 buah ukiran patung Buddha. Apa yang membuat gua ini istimewa adalah banyaknya jumlah besar lukisan yang sangat indah, contoh dari kesenian India pada kualitas yang terbaik. Diperkirakan mereka berasal dari abad ke-2 SM. Tempat ini tidak jauh dari Ellora (no.1) dan Anda akan mendapatkan "bonus tambahan" jika Anda mengunjungi gua ini.



1. Ellora
Ellora adalah situs warisan dunia dari India yang mungkin merupakan bangunn batu ukiran dengan struktur termegah di dunia, bahkan melebihi bahkan Petra dalam keindahannya. Kuil-kuil ukiran ini dari Hindu, Buddha, dan tradisi Jain. Mereka berasal antara abad ke-5 dan ke-10. Gua Setiap agama memiliki keindahan yang luar biasa - berbeda satu sama lain dengan kuil Jain awalnya termasuk lukisan yang rumit (beberapa di antaranya masih dapat dilihat saat ini).

Share this

2 Responses to "10 Bangunan-bangunan Kuno yang Diukir dari Batu"

  1. Superleuk informatief artikel met alle highlights opgesomd!

    ReplyDelete
  2. Leuke blog :) Mooi land Turkije

    ReplyDelete

Jika ada pertanyaan, link mati, dan ucapan terima kasih, silahkan isi di kotak komentar...