Friday, December 9, 2011

Perintah Dasar SQL

Perintah SQL dibagi menjadi DDL dan DML.

DDL adalah Definition Data Language.
Digunakan untuk kepentingan penciptaan Database, Tabel, hingga Penghapusan Database dan Tabel.


Contoh:
  • Create database
  • Create table
  • Drop table
  • Alter table

Sedangkan DML adalah Data Manipulation Language
Digunakan untuk memanipulasi data.

Contoh:
  • Select - untuk mengambil data
  • Delete - untuk menghapus data
  • Insert - untuk menyisipkan data
  • Update - untuk mengubah data

Thursday, December 8, 2011

Menambah Judul dan Paragraf Baru (CSS)

Sekarang coba menambahkan judul artikel dan paragraf baru pada bagian <body> seperti dibawah:
<body>
    <h3>Judul Artikel</h3>
    <p>Contoh paragraf teks</p>
    <h3>Judul Artikel Baru</h3>
    <p>Contoh paragraf teks Baru</p>
</body>


Simpan dan refresh web browser, maka akan tampak seperti dibawah:




Secara otomatis mengikuti foemat CSS yang telah dibuat sebelumnya.

Kemudian sisipkan satu baris kode CSS baru untuk tag <body> dan hapus pengaturan jenis font untuk tag <p> dan <h3>
<style>
body {font-family:verdana}
h3 {color:red; font-style:italic}
p {color:blue; font-size:12px}
</style>

Maksud baris kode ke-2, seluruh teks yang berada diantara tag <body> akan ditampilkan menggunakan font verdana. Pada baris ke 3 dan 4, property font-family untuk tag h3 dan p dihilangkan.
Simpan dan refresh web browser, maka akan tampil:

Wednesday, December 7, 2011

Mengenal Objek pada JavaScript

Pernah mendengar bahasa pemrograman berorientasi objek? Ya, C++ adalah contoh yang paling terkenal. Banyak bahasa pemrograman lain yang juga berorientasi objek. Begitu juga JavaScript.

Secara umum sebuah objek memiliki properti dan metode. Selain itu, objek juga bisa menyediakan kejain (event) yang memungkinkan pemrogram bisa menuliskan kode kalau kejadian tersebut berlangsung.

1. Properti adalah atribut dari sebuah objek
2. Metode adalah suatu kompulan kode yang digunakan untuk melakukan sesuatu tindakan terhadap objek. Sebagai contoh, write() pada sebuah objek document adalah metode yang digunakan untuk menuliskan tulisan ke jendela browser.
3. penanganan kejadian (event handler) adalah sekumpulan kode yang akan dijalankan manakala pemakai melakukan suatu tindakan (biasa disebut dengan kejadian). contoh kejadian adalah ketika pemakai mengklik tombol mouse atau ketika isi kotak teks berubah.

kalau dianalogikan dengan mobil, salah satu properti pada mobil yaitu warna. Contoh yang lain adalah nomor rangka dan nomor mesin.

Metode dan Kejadian pada mobil
1. Properti
     - Warna
     - Nomor Mesin
     - Nomor Rangka

2. Metode
     - Menghidupkan Mesin
     - Menginjak Rem

3.  Kejadian
     - Tabrakan (Pelindung "air-bag" segera muncul)
     - Bahan bakar mau habis (indikator bahan bakar barkedip-kedip)