Thursday, September 27, 2012

Tutorial Menggunakan AVS Video Editor


  1. Buka AVS Video Editor yang sudah di instal, jika belum ada dan belum diinstal, silahkan download dulu disini
  2. Untuk memulai, silahkan klik menu FILE-->NEW PROJECT
  3. Setelah kita berhasil membuat project baru, sekarang kita akan memasukkan beberapa gambar, video  dan musik. Caranya, Klik menu FILE-->IMPORT MEDIA
  4. Maka kita akan diarahkan ke browse komputer kita, silahkan pilih file apa saja yg akan kita ambil. Disini saya memberikan contoh memasukkan 2 gambar yg bawaan dari Windows 7, 1 lagu Greyson Chance - Summer Train, dan Video Animasi Larva - Ant
    klik untuk perbesar gambar
  5. Untuk mulai mengedit, kita perlu memasukkan file tersebut ke Time Line, cara tinggal Drag file kehendaki ke Time Linenya.
    Klik untuk perbesar gambar
  6. Jika sudah selesai nge-DRAG-nya, sekarang kita masuk kepelajaran selanjutnya, yaitu menjadikannya menjadi lebih menarik dengan menambahkan Transitions, Effects, Text dan juga Voice (Suara). Perhatikan gambar dibawah ini:
    • Transitions
      Untuk menambahkan Transition, silahkan klik Transitions, pilih mana yg akan digunakan dan Drag kearah diantara video atau gambar
      Klik gambar untuk perbesar
    • Video Effect
      Untuk menambahkan Effect, caranya hampir sama seperti Transitions, cuma kalau ini kita harus menambahkan manual dulu, caranya klik kanan-->Add or Replace Video Effect. Selanjutnya tinggal mengatur seberapa panjang Effect itu berjalan, terserah kita.
    • Text
      Untuk menambahkan Text, caranya sama dengan untuk menambahkan Video Effect.
    • Voice
      Untuk menambahkan suara, kita memerlukan microphone atau headset. Jika sudah terpasang, silahkan klik Start Recording
  7. Setelah semua sudah selesai, simpan dulu project ini agar tidak hilang. Caranya Klik menu FILE-->Save Project. Atau bisa juga dengan menekan tombol kombinasi CTRL+S
  8. Project sudah tersimpan, maka selanjutnya adalah menjadikannya sebagai Movie atau Video agar bisa diputar menggunakan pemutar Video seperti K-Lite, VLC, KMPlayer dll. Caranya adalah dengan menekan tombol Produce
  9. Maka akan muncul windows baru, disitu banyak pilihan, pilih saja yang File, kemudian klik Next. Sudah saya beri tanda merah
    Klik untuk perbesar
  10. Selanjutnya adalah memilih format dari Video tersebut. Saya sarankan agar memilih AVI saja, karena AVI merupakan Format Video yang paling banyak digunakan. Dan disebelah kanannya ada Advanced, gunanya untuk mengatur kualitas dari Video tersebut, semakin tinggi kita mengatur, maka semakin bagus kualitasnya. Namun, jika kalian belum mengerti cara mengaturnya, lebih baik tidak usah diatur, biarkan saja sesuai pengaturan dari sananya (Default)
    Klik untuk perbesar
  11. Oke, sekarang kita masuk ketahap terakhir, Silahkan tulis nama File ini dan pilih tempat Outputnya. Klik Create, tunggu beberapa saat hingga selesai. Lama pembuatan Video ini tergantung dari panjang  video yang kita buat.
    Klik gambar untuk perbesar
  12. Selamat, Anda telah berhasil mengedit Video sesuai selera anda. Jangan lupa di share and like ya jika kalian suka......

Wednesday, September 26, 2012

Penghianatan G-30 S/PKI (Orde Lama, Part2)

Artikel ini lanjutan dari sini, silahkan baca jika belum membacanya.............
D. Penghianatan G-30 S/PKI
Gerakan 30 September didalangi oleh PKI, dengan tujuan untuk mengganti dasar negara yang sah dengan ideologi komunis. Untuk mencapai tujuan tersebut, PKI melakukan usaha dan langkah sebagai berikut.
  1. Mengusulkan dibentuk angkatan kelima yaitu tani dan buruh yang dipersenjatai (ditolak TNI-AD).
  2. Membentuk biro khusus yang diketuai Syam Kamaruzzaman, tugasnya membina anggota TNI dari atas sampai bawah
  3. Melatih para pemuda dan Gerwani di Lubang Buaya
  4. Memecah belah kekuatan politik dan profesional misal:
    1. PNI (ada PNI ASU (PKI) dan PNI OSA USEP (Marhenis)) dan
    2. PGRI (ada PGRI Vak Sentral (PKI) dan PGRI Non-Vak Sentral)
  5. Menyebar isu adanya Dewan Jendral di tubuh AD
  6. Melakukan aksi sepihak (seperti mengambil hak milik orang lain dengan paksa)
Setelah persiapan dirasa cukup matang, pada tanggal 30 September 1965 PKI melakukan penghianatan terhadap bangsa dan negara, dengan sasaran sebagai berikut.
  1. Para Perwira AD
  2. Untuk menculik para perwira AD, OKI menggerakkan pasukan Pasopati yang dipimpin Lettu Dul Arif. Para perwira yang berhasil diculik dan dibunuh antara lain:
    1. Letjend. A. Yani
    2. Mayjen. R. Suprapto
    3. Mayjen. M.T. Haryono
    4. Mayjen. S. Parman
    5. Brigjen. D.I. Panjaitan
    6. Brigjen. Sutoyo Siswomiharjo
    7. Kol. katamso
    8. Kol. Sugiyono
    9. Lettu. Pierre Tendean
    Para korban diangkat menjadi pahlawan Revolusi dengan Keppres No. III/Koti/tanggal 5 Oktober 1965
  3. Gedung-gedung penting, seperti:
    1. RRI
    2. Telkom
    3. Monas
    4. Istana Merdeka
    5. Bandara Halim Perdana Kusuma
Setelah berhasil menguasai RRI tanggal 1 Oktober 1965 pukul 07.00 Letkol. Untung mengumumkan:
  1. telah terbentuk Dewan Revolusi diketuai Letkol. Untung
  2. kabinet Dwikora didemisioner
  3. pangkat tertinggi di TNI adalah Letkol
Seteleh diketahui bahwa pelaku G 30 S adalah PKI maka Pangkostrad segera melakukan operasi penumpasan dengan tahap-tahap sebagai berikut:
  1. Koordinasi antar angkatan (AD, AL, dan Kepolisian), AU tidak.
  2. Mengarahkan Batalyon para 454 dan 530 yang diperalat PKI
  3. Merebut kantor-kantor penting (RRI, Telkom, Istana, Halim Perdana Kusuma)
  4. Mencari para korban
  5. Melakukan pemakaman
Selain mengadakan penumpasa, pemerintah Jakarta, Jatim, Jateng, dan Yogya membekukan PKI dan ormasnya. Keputusan ini memperkuat dengan Keppres No. 140 dan 141/Koti/1965.

E. Indonesia Terkunci dari Dunia Internasional
Hal-hal yang menyebabkan Indonesia terkunci dari dunia internasional antara lain sebagai berikut.
  1. Dwikora
    1. Dikumandangkan tanggal 3 Mei 1964
    2. Isinya:
      1. perhebat ketahanan revolusi Indonesia
      2. bantu perjuangan revolusioner rakyat Malaya, Singapura, Sabah, Serawak, dan Brunai untuk memerdekakan diri dan menggagalkan pembentukan negara boneka Malaysia
    3. Tujuan: menggagalkan pembentukan negara boneka Malaysia buatan Inggris
    4. Alasan: karena negara boneka Malaysia buatan Inggris dapat mengancam Indonesia (menurut perasaan Presiden Soekarno). Oleh karena itu, lebih baik menyerang daripada diserang. Akibatnya nama RI di mata dunia makin buruk dan kondisi ekonomi makin terpuruk.
  2. Penyimpangan Politik  Bebas Aktif
  3. Politik luar negeri Indonesia pada masa terpimpin cendrung condong ke blok komunis. Hal ini berakibat:
    1. Indonesia dekat dengan negara-negara komunis dan jauh dengan negara-negara Barat
    2. munculnya politik mercu suar tujuannya agar Indonesia dipandang hebat
    3. konfrontasi dengan Malaysia
    4. persaingan antara NEFO (Negara Komunis) dan OLDEFO (Negara Kapitalis)
  4. Indonesia Keluar dari PBB
  5. Pada tanggal 7 Januari 1965 Indonesia keluar dari PBB karena Malaysia diterima menjadi anggota DK-PBB tidak tetap (ingat Malaysia musuh Indonesia waktu itu). Karena protes Indonesia tidak didengar PBB, Indonesia menyatakan keluar dari PBB. Akibatnya Indonesia terkucil dari pergaulan internasional

Sunday, September 23, 2012

Cerpen: Sayembara yang Aneh

Oleh Widya Suwarna

Ya, ini memang bukan sayembara mengarang atau melukis. Sayembara yang aneh ini dilakukan oleh sebuah kerajaan. Masalahnya, Putri Astrid yang cantik itu ingin memiliki suami yang pandai. Jadi kerajaan itu mengadakan sayembara. Pemenangnya boleh menikah dengan sang putri.
Ada tiga hal yang harus dipenuhi para peserta. Pertama, Putri Astrid menginginkan bunga saruni hitam. Kedua, ia menginginkan sebuah buku yang tertera kalimat yang sama pada halaman pertama sampai pada halaman terakhir. Ketiga, ia menginginkan binatang buas yang tidak menakutkan.
Nah, apakah kira-kira ada di antara kalian yang bisa memenuhi ketiga hal tersebut?
Nah, sayembara sudah berlangsung selama dua minggu, namun tak seorang pun datang. Padahal, sayembara itu juga terbuka bagi orang-orang dari kerajaan lain.
"Sayembaramu terlalu berat," kata Raja pada putrinya.
"Tenang saja, Ayah. Saya yakin kok akan ada orang yang datang," kata Putri Astrid.
Benarlah, pada hari ketujuh belas datang dua orang pangeran, yaitu Pangeran Victor dan Pangeran Andrew. Keduanya membawa persyaratan yang diminta, walaupun bentuknya berbeda.
Pangeran Victor membawa bunga Seruni putih yang disemprot dengan cat hitam. Lalu buku tulis yang mulai halaman pertama sampai terakhir dituliskan kata-kata: Aku mencintaimu, Putri Astrid. Yang terakhir, dia memberikan bros emas berbentuk singa dan bertahtakan permata.
Pangeran Andrew membawa ukiran kayu berbentuk bunga seruni yang dicat hitam. Kemudian ia membawa buku nyanyian. Pada setiap halaman ada tulisan: Mari memuji Tuhan. Dan kemudia ia membawa anak harimau yang masih kecil, seperti kucing jinak saja.
Nah, ini malah merepotkan. Putrinya cuma seorang, sedangkan pemenang sayembara ada dua orang.
"Salah sau dari antara kalian harus mengalah, karena kalian sama-sama menang. Tak mungkin Putri Astrid menikah dengan kalian berdua sekaligus," kata Raja.
"Sebaiknya, diadakan sayembara lagi untuk menentukan pemenangnya," usul Pengeran Andrew.
"Ya, saya mendukung usulnya," kata Pengeran Victor.
"Baiklah, namun kami perlu mengadakan persiapan. Silahkan para pengeran yang terhormat bermalam dan bersenang-senang di istana kami yang sederhana. Besok baru kita lakukan sayembaranya," kata Raja.
Kemudian, Raja, Putri Astrid dan Perdana Menteri berunding.
"Kamu mau buat sayembara apa lagi?" tanya Raja pada Putri Astrid.
Putri Astrid tersenyum dan menggelengkan kepala. Ia tak menduga akan ada dua pangeran yang memenuhi syarat dan datang sekaligus pada hari yang sama. Kalaulah yang seorang lagi datang esok hari atau minggu depan, tentu tidak akan timbul masalah yang merepotkan ini.
"Maaf, Baginda. Kedua pangeran itu sama-sama pandai. Mungkin kita perlu mengadakan sayembara yang berkaitan dengan watak mereka supaya Putri Astrid bukan hanya mendapatkan suami yang pandai tetapi juga yang wataknya baik," usul Perdana Menteri.
"Terima Kasih. Itu usul yang sangat baik," kata Raja.
"Bagaimana bentuk sayembaranya?"
"Aku ada gagasan," kata Perdana Menteri. Dan ia pun menguraikan gagasannya. Raja dan Putri Astrid setuju.
"Itu untuk mengetahui siapa yang lebih mampu mengendalikan emosi. Bukankah begitu?" tanya Raja. Perdana Menteri mengangguk.
"Aku juga ada usul. Aku ingin tahu siapa yang berhati lembut atau kejam. Pertanyaan yang kuajukan adalah ini..." kata Putri Astrid.
Raja dan Perdana Menteri setuju. Jadi ada dua hal yang disayembarakan besok.
Keesokan harinya di ruangan sidang berkumpul pada kerabat istana dan pejabat-pejabat. Juga Pangeran Andrew dan Pangeran Victor sudah hadir. Kedua pengeran itu tampan dan gagah, cerdas, dan tampil meyakinkan.
Raja memberi tanda dan sayembara dimulai.
"Pertanyaannya: Apa yang akan kalian lakukan bila Putri Astrid ingin makan masakan yang dibuat dari daging bayi gajah?"
Pangeran Victor menjawab, "Aku akan menyuruh orang berburu bayi gajah di hutan. Lalu menyuruh kokiku yang terbaik untuk membuat masakan yang terlezat."
Hadirin bertepuk tangan mendengar jawaban yang lantang dan meyakinkan. Sekarang semua mata tertuju pada Pangeran Andrew.
Pangeran Andrew menjawab, "Maafkan, hamba tidak bisa memenuhi keinginan Sang Putri. Hamba tidak tega membunuh bayi gajah."
Hadirin bertepuk tangan. Baru saja tepuk tangan usai, muncul seorang pengawal dari ruang dalam. Ia mendekati Pangeran Andrew dan Pangeran Victor, menuding mereka berdua dan berkata, "Kalian, para pengeran kerajaan tidak tahu malu. Mengapa merusakkan lampu hias di kamar? Lampu itu lampu antik dan harganya sangat mahal."
Wajah Pangeran Victor merah padam. Ia menghunus pedangnya dan berkata, "Kurang ajar! Kamu hanya seorang pengawal, tapi kamu berani menuduh yang bukan-bukan. Aku bukan pencuri. Aku pangeran kerajaan yang terhormat. Mau rasakan pedangku?"
Pangeran Andrew mendekati si pengawal dan berkata, "Bapak, mari selesaikan masalah baik-baik. Setahu saya, tak ada lampu hias di kamar yang pecah. Mari kita lihat buktinya dan sudah itu kita bicara lagi. Mungkin telah terjadi salah paham."
Si pengawal berlutut di hadapan kedua pangeran dan berkata, "Maafkan hamba. Sekali lagi, hamba mohon maaf."
Hadirin bertepuk tangan. Kedua pangeran berpandangan dengan agak bingung dan akhirnya Pangeran Andrew berkata, "Oh, itu tadi sayembara yang kedua." Dan Pangeran Victor pun sangat terkejut serta menyadari kesalahannya.
Raja menjelaskan bahwa sayembara ini memang dimaksudkan untuk menguji watak kedua pangeran tersebut. Kedua pangeran memang tampan dan pandai. Akan tetapi, hati Pangeran Andrew lebih lembut dan ia lebih mampu mengendalikan emosi. Raja mengucapkan terimakasih dan mengumumkan bahwa Pangeran Andrew adalah pemenangnya dan berhak menikah dengan Putri Astrid. Demikianlah sayembara yang aneh itu telah selesai. ***

Peranan Tanah Bagi Kehidupan Manusia

Tanah ialah akumulasi tubuh-tubuh alam yang bebas menduduki sebagian besar permukaan bumi. Tanah mampu menumbuhkan tanaman dan memiliki sifat-sifat sebagai akibat pengaruh iklim dan jasad-jasad hidup yang bertindak terhadap bahan induk dalam keadaan tertentu selama jangka waktu tertentu pula.
Tanah berperan penting bagi kehidupan manusia, antara lain:

  • Tempat tinggal dan tempat melakukan kegiatan
  • Tempat tumbuhnya vegetasi yang sangat berguna bagi kepentingan hidup manusia
  • Tempat mengandung bahab tambang atau bahan galian yang berguna bagi manusia
  • Tempat berkembangnya hewan yang sangat beguna bagi manusia
Lapisan tanah atas merupakan bagian yang optimum bagi kehidupan tumbuh-tumbuhan. Keadaan tanah yang baik untuk habitat tumbuh-tumbuhan apabila mempunyai perbandingan komponen sebagai berikut: mineral 45%, bahan organik 5%, air antara 20%-30% dan udara tanah antara 20%-30%. Di permukaan bumi, lahan (tanah) mempunyai kemampuan yang berbeda-beda.
perbedaan tanah disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Tekstur dan kesuburan tanah
  2. Tekstur tanah menunjukkan proporsi relatif dari ukuran partikel-partikel tanah dalam suatu massa tanah, terutama perbandingan antara fraksi-fraksi pasir, debu, dan lempung. Beberapa faktor yang mempengaruhi tekstur tanah, yaitu komposisi mineral dan batuan(Bahan induk), sifat dan cepatnya proses pembentukan tanah lokal, serta umum relatif tanah. Dilihat dari kesuburannya tanah dibedakan menjadi empat, yaitu:
    1. Tanah muda, zat makanan yang terkandung didalamnya belum banyak sehingga tidak subur.
    2. Tanah dewasa, zat makanan yang terkandung didalamnya sangat banyak sehingga tanah ini sangat subur.
    3. Tanah tua, zat makanan yang terkandung di dalamnya sudah berkurang
    4. Tanah sangat tua, zat makanan yang terkandung didalamnya sangat sedikit, bahkan hampir habis kesuburannya.
    Ciri-ciri tanah subur ialah:
    1. Tekstur dan struktur tanahnya baik, yaitu butir-butir tanahnya terlalu besar dan terlalu kecil
    2. Banyak mengandung garam yang berguna untuk makanan tumbuhan
    3. Banyak mengandung air untuk melarutkan garam-garaman
  3. Permeabilitas tanah
  4. Permeabilitas tanah ialah cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah, baik ke arah horizontal maupun ke arah vertikal.
  5. Ketebalan (Solum tanah)
  6. Ketebalan atau solum tanah ialah ketebalan tanah yang menunjukkan berapa tebal tanah diukur dari permukaan sampai batu induk
  7. Kemiringan lereng
  8. Kemiringan lereng ialah kemiringan suatu lahan terhadap bidang horizontal
  9. Tingkat erosi
  10. Menyangkut banyaknya partikel-partikel tanah yang berpindah-pindah. Semakin tinggi tingkat erosi, tanah permukaannya semakin tidak subur dan tidak cocok untuk pertanian.
  11. Pengaturan tanah (drainage) suatu lahan
  12. Pengaturan air berpengaruh terhadap kondisi kesuburan tanah. Jika pengaturan air jelek maka tanah akan tergenang bagian permukaannya.
Tidak semua tanah (lahan) dipermukaan bumi dapat dimanfaatkan langsung oleh manusia karena terdapat kendala-kendala, seperti lahan yang tertutup es yang tebal, tanah yang gersang tentu yang secara kualitatif sangat memungkinkan untuk dimanfaatkan dalam pemenuhan kebutuhan manusia yang disebut lahan potensial
Lahan potensial yang ada di permukaan bumi dapat dimanfaatkan, antara lain:
  1. Untuk pertanian.
  2. Untuk lokasi perindustrian dan sebagainya
Adapun berdasarkan tingkat kecocokan pola penggunaan lahan atau kelas kemampuan lahan, lahan dikelompokkan dalam delapan kelas. Secara terperinci kelas-kelas kemampuan lahan dapat dideskripsikan sebagai berikut:
  1. Kelas I
  2. Lahan dengan ciri tanah datar, butiran tanah agak halus, mudah diolah, sangat responsif terhadap penumpukan, dan memiliki sistem pengairan air yang baik dan cocok untuk semua jenis pertanian.
  3. Kelas II
  4. Lahan dengan ciri lereng landai, butiran tanahnya halus sampai agak kasar, agak peka terhadap erosi. Tanah ini sesuai untuk usaha pertanian, seperti pengolahan tanah berdasarkan garis ketinggian dan penggunaan pupuk hijau.
  5. Kelas III
  6. Lahan dengan ciri tanah terletak di daerah yang agak miring dengan sisitem pengairan air yang kurang baik. Tanah kelas ini sesuai untuk segala sejin usaha pertanian dengan tingkat pengawetan tanah yang khusus, seperti pembuatan terasering, pergiliran tanaman, dan pemupukan.
  7. Kelas IV
  8. Lahan dengan ciri tanah terletak pada wilayah yang miring sekitar 15% - 30% dengan sistem pengairan yang buruk. Tanah ini masih dapat dijadikan lahan pertanian dengan tingkat pengawetan tanah lebih khusus.
  9. Kelas V
  10. Lahan dengan ciri terletak di wilayah yang datar atau cekung namun permukaannya banyak mengandung batu dan tanah liat. Tanah ini cocok untuk dijadikan lahan pertanian tetapi lebih sesuai untuk ditanami rumput.
  11. Kelas VI
  12. Lahan dengan ciri ketebalan tanahnya tipis dan terletak di daerah yang agak curam dengan kemiringan lahan sekitar 30% - 45%. Tanah ini mudah sekali tererosi sehingga lahan ini lebih sesuai untuk padang rumput atau dihutankan.
  13. Kelas VII
  14. Lahan dengan ciri terletak di daerah dengan kemiringan antara 45% - 65% dan tanahnya sudah mengalami erosi berat. Tanah ini sama sekali tidak sesuai untuk lahan pertanian, namun lebih sesuai ditanami tanaman tahunan (Keras).
  15. Kelas VIII
  16. Lahan dengan ciri terletak di daerah dengan kemiringan di atas 65% . Butiran tanah kasar dan mudah lepas dari induknya. Tanah ini sangat rawan terhadap kerusakan karena itu secara alamiah dibiarkan atau dibuat cagar alam.

Thursday, September 20, 2012

Software: Splayer

Nyobain pemutar video baru yuk....Biasanya pake KMPlayer, tapi ini baru cari-cari di google n nemu yang kayak beginian. Udah aku coba dan hasilnya bagus, gambarnya jernih, gak patah-patah. Format video yang didukung juga banyak, seperti AVI, MP4, MKV,  WMA dll deh....




Mediafire
Size: 7 MB

Wednesday, September 19, 2012

Masalah Yang Dihadapi Pemerintah Dalam Bidang Ekonomi

Gambar Ilustrasi, diambil dari Google
Masalah yang dihadapi negara Indonesia selaku negara berkembang adalah sebagai berikut:
  1. Standar Hidup yang Rendah
  2. Standar hidup yang rendah dapat diwujudkan dalam bentuk pendapatan yang sedikit, perumahan yang kurang layak, kesehatan buruk, bekal pendidikan yang rendah, angka kematian bayi yang tinggi, harapan hidup yang singkat, serta peluang mendapatkan pekerjaan yang rendah.
  3. Produktivitas yang Rendah
  4. Rendahnya produktivitas tenaga kerja (labour productivity) disebabkan oleh:
    1. Sumber daya manusia yang tidak memadai yang disebabkan oleh hal-hal seperti modal, kecakapan SDM sehingga tenaga kerja tidak berkembang.
    2. Kesehatan fisik, yang rendah yang disebabkan karena rendahnya tinggkat pendapatan, sehingga masyarakat kesulitan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.
  5. Tingkat Pertumbuhan Penduduk dan Beban Ketergantungan yang Terlalu Tinggi
  6. Jika dibandingkan dengan negara maju, angkatan kerja produktif dinegara berkembang harus memelihara lebih banyak tanggungan, sehingga lebih berat bebannya dalam menghidupi keluarga.
  7. Tingkat Pengangguran Penuh dan Terselubung yang Tinggi dan Terus Melonjak
  8. Salah satu faktor utama penyebab rendahnya taraf hidup di negara berkembang adalah terbatasnya penyerapan sumber daya termasuk sumber daya manusia, yang pertama adanya pengangguran terselubung (underemployment), yaitu orang yang bekerja dibawah kemampuan terbaik yang ia miliki. Kedua adalah pengangguran penuh atau terbuka (open employment), yaitu orang yang sebenarnya mampu dan ingin bekerja akan tetapi tidak mendapatkan lapangan pekerjaan sama sekali. 
  9. Ketergantungan terhadap Produksi Pertanian dan Ekspor Barang-barang Primer
  10. Sebagian besar penduduk hidup didaerah pedesaan, sehingga mencari nafkah di sektor pertanian. Tingkat produktivitas pertanian yang rendah disebabkan terlalu banyaknya jumlah penduduk dibandingkan dengan luasnya tanah yang tersedia, juga teknologi yang dipergunakan di sektor pertanian masih rendah bahkan primitif. Oleh karena itu wajar jika usaha meningkatkan produktivitas pertanian menjadi prioritas utama dalam pembangunan nasional di banyak negara berkembang kerena secara umum perekonomian negara berkembang lebih banyak tergantung pada produksi primer, seperti: produk pertanian, bahan bakar, hasil hutan, serta bahan-bahan mentah.
  11. Sistem Hukum dan Instruktur yang Tidak Mapan
  12. Sistem hukum yang mapan akan menyebabkan persaingan usaha antarpengusaha dapat terjamin, sehat, serta fair. Bila terjadi kecurangan, maka akan dapat segera ditindak sesuai hukum. Sistem hukum yang mapan juga menjamin kontak bisnis, hak cipta, kegiatan usaha perbankan, ekspor, impor, dan kegiatan ekonomi lainnya. Selain sistem hukum juga adanya kekurangan infrastruktur dan keuangan yang memadai di negara berkembang.
  13. Ketergantungan yang Dominan pada Dunia Internasional
  14. Kebanyakan negara berkembang sangat tergantung pada lembaga-lembaga internasional, seperti: World Bank, IMF, UNDP dalam mencari pinjaman, sehingga lembaga tersebut dapat mempengaruhi kebijakan negara berkembang.

Tuesday, September 18, 2012

12 Kota Pendidikan Terbaik Dunia Tahun 2012

QS World University Rankings merilis kota-kota pendidikan terbaik.

VIVAnews - Selain meluncurkan daftar universitas terbaik dunia tahun 2012, QS World University Rankings juga merilis kota-kota pendidikan terbaik di dunia. Paris, Prancis, menduduki posisi pertama di daftar tahun ini.
Boston yang ditempati universitas terbaik dunia nomor 1, Massachusetts Institute of Technology, dan nomor 3, Harvard University, duduk di posisi ketiga kota pendidikan terbaik. Di posisi dua adalah London, rumah bagi universitas keempat terbaik dunia, University College London, dan keenam terbaik dunia, Imperial College London.
QS melakukan penilaian berdasarkan sejumlah ukuran yang diambil dari informasi publik, survei dan data yang masuk dalam QS World University Rankings. Ukuran-ukuran yang dipakai antara lain kualitas institusi pendidikan, aktivitas pengajar, populasi, kualitas hidup, daya jangkau dan percampuran mahasiswa.

Berikut 12 besar terbaik:
12. Singapura
Meski University of Hong Kong bertengger di posisi 23 universitas terbaik dunia, namun untuk kategori kota, Singapura lebih baik. Singapura merupakan satu-satunya kota di Asia yang masuk jajaran 12 kota pendidikan terbaik dunia. Universitas terbaik dari negara-kota ini adalah National University of Singapore (25) dan Nanyang Technological University yang juga masuk jajaran 100 terbaik dunia.
Menurut Wikipedia, Singapura merupakan negeri lima besar terbaik dalam hal pengetahuan alam dan matematika. Sementara QS menilai, Singapura memiliki nilai sempurna (100) untuk aktivitas pengajar, kemudian kualitas hidup juga baik (92). Secara keseluruhan, Singapura memiliki nilai 369.

11. Barcelona (Spanyol)
Kota ini memiliki dua perguruan tinggi yang masuk jajaran 200 terbaik dunia, salah satunya Universitat de Barcelona (UB). Kota ini memiliki Iklim yang hangat, gaya hidup sosial, pantai, tradisi kuliner terkenal, peninggalan budaya dan tentu saja, klub sepakbola legendaris bernama sama, Barcelona.
Barcelona merupakan salah satu kota termakmur Eropa namun biaya hidup lebih masuk akal daripada Paris dan London. Namun reputasi lulusannya lumayan ternama di dunia. QS sendiri menilai secara umum Barcelona memiliki nilai 370.

10. Montreal (Kanada)
Kota ini memiliki kualitas hidup yang tinggi (93). Ada tiga perguruan tinggi kenamaan berumah di sini, salah satunya McGill University (nomor 17 dunia). Kota ini kerap disebut ibukota budaya Kanada dan termasuk kota paling nyaman sedunia. Campuran kebudayaan Inggris dan Prancis membuat kota ini dinobatkan UNESCO sebagai satu dari tiga ibukota dunia.
Dan meski kualitas hidup tinggi, di jajaran 10 besar, dia yang paling murah untuk biaya hidup.

9. Dublin (Irlandia)
Kekuatan Dublin adalah percampuran mahasiswa dan kualitas hidup yang tinggi. Kota pendidikan ini mengombinasikan fasilitas pendidikan dan suasana bersejarah di sekelilingnya.
Ada Trinity College Dublin (64) and University College Dublin (134) berumah di sini. Sejumlah tokoh besar dari berbagai disiplin ilmu muncul di sini antara lain Samuel Beckett, James Joyce, dan Oscar Wilde. Dublin memiliki konsentrasi tinggi mahasiswa dan rasio tinggi mahasiswa internasional. Namun sayangnya, bea pendidikan tak terhitung murah.

8. Berlin (Jerman)
Kota paling keren di dunia. Di dekade terakhir, perayaan budaya, desain, fashion, musik dan seni di kota ini setara dengan New York dan London. Namun kota ini tetap terjangkau bagi pelajar meski juga menjadi ibukota keuangan global. Berlin mengombinasikan biaya perumahan yang murah dengan bea pendidikan yang rendah.
Meski tak sehebat kota pendidikan macam Boston, London dan Paris, Berlin memiliki dua perguruan tinggi yang masuk jajaran 150 terbaik dunia, yakni Freie Universität Berlin (66) dan Humboldt-Universität zu Berlin (132). Dengan kualitas hidup yang baik, terjangkau, atmosfir liberal dan banyaknya kegiatan, Berlin sangat menarik bagi mahasiswa internasional.

7. Zurich (Swiss)
Di kota ini terdapat Swiss Federal Institute of Technology (13), perguruan tinggi terbaik dunia di luar Amerika Serikat dan Inggris. Zurich sendiri terkenal karena kemakmuran, ketertiban dan pajaknya rendah sehingga terkesan lebih cocok untuk tempat tinggal jutawan, bukan pelajar.
Keunggulan Zurich ini adalah kualitas hidupnya yang nyaris sempurna untuk mahasiswa (99) dan juga aktivitas pengajar yang tinggi. Mungkin ini penyimbang untuk biaya hidup yang besar di sini.

6. Sydney (Australia)
Melbourne mungkin bisa mengklaim sebagai ibukota budaya Australia namun Sydney merupakan ibukota keuangan dan ekonomi negeri kanguru ini. Dengan pemandangan Pelabuhan Sydney yang menawan, taman-taman eksotik, Sydney merupakan salah satu kota paling eksotik bagi pelajar di seluruh dunia.
Kota ini memiliki dua universitas yang bertengger di 100 terbaik dunia, University of Sydney dan University of New South Wales. Kota ini memiliki konsentrasi pelajar asing yang tinggi. Kualitas hidup yang tinggi adalah penyeimbang bagi biaya hidup dan pendidikan yang tinggi di kota ini. QS mencatat, keterjangkauan perguruan tinggi di sini termasuk sulit.

5. Wina (Austria)
Ini adalah kota yang kualitas hidupnya nyaris sempurna bagi pelajar (99,5). Bukan hanya, keterjangkauan pendidikannya juga yang paling tinggi di antara lima besar ini.
Wina merupakan rumah bagi dua universitas yang masuk jajaran 500 terbaik dunia, Universität Wien (155) dan Technische Universität Wien. Meski hanya dua universitas masuk jajaran terbaik, kekayaan kultural, kualitas hidup dan biaya pendidikan yang rendah membuat ibukota Austria ini sangat layak menjadi tujuan pendidikan internasional.

4. Melbourne (Australia)
Sepertiga mahasiswa yang berkuliah di Melbourne adalah warga asing. Melbourne jelas menjadi ikon utama dari industri pendidikan Australia, menjadi pusat tujuan mahasiswa dari seluruh dunia. Inilah kota pendidikan nomor satu Australia.
Ada enam perguruan tinggi di Melbourne masuk dalam 500 universitas terbaik dunia. Dengan penduduk hanya 4 juta jiwa, mahasiswa mencapai 180 ribu orang, inilah salah satu kota paling nyaman di dunia.

3. Boston (Amerika Serikat)
Inilah rumah bagi perguruan tinggi terbaik dunia, Massachusetts Institute of Technology (MIT) (no 1) dan Harvard University (no 3). Kota ini merupakan perpaduan dari percampuran mahasiswa, kualitas hidup, dan aktivitas pengajar yang tinggi. Kota ini juga memberikan khasanah budaya, seni dan politik dengan banyaknya ruang terbuka hijau.
Problem dengan kota ini hanyalah biaya pendidikan dan sulitnya mengakses perguruan-perguruan tinggi mereka, meski sebenarnya banyak bantuan keuangan untuk pelajar di sini.

2. London (Inggris)
Mungkin hanya Boston yang bisa menyaingi kehebatan London. Ini rumah bagi belasan perguruan tinggi yang masuk 500 terbaik dunia di mana dua di antaranya masuk sepuluh besar yaitu Imperial College London dan UCL (University College London). Juga perlu disebut London School of Economics and Political Science (LSE), lima terbaik dunia untuk ilmu sosial.
Kota ini memiliki fasilitas kelas dunia seperti Perpustakaan Inggris yang membuat kota ini menjadi magnet dunia. London juga memberikan khasanah pusat kebudayaan, kreativitas, kehidupan malam dan kebhinnekaan. Maklum, sepertiga mahasiswanya adalah mahasiswa internasional.
Problem London tentu saja biaya hidup yang terus merangkak naik. Mungkin inilah penyeimbang dari kualitas pendidikan di kota ini.

1. Paris (Prancis)
Meski tak memiliki perguruan tinggi yang bertengger di 30 besar terbaik dunia seperti Boston dan London, Paris tetap menjadi rujukan sekolah dunia. Ada 16 perguruan tingginya masuk dalam 500 terbaik dunia, kemudian kenyamanan hidup serta aktivitas akademik menjadi nilai tinggi dan catat, keterjangkauan pendidikannya lebih baik daripada Boston dan London.
Daya tarik utama Paris tentu saja posisinya sebagai salah satu tempat paling bersejarah di dunia, kota budaya dan indah. Inilah kota yang paling banyak dikunjungi di dunia.

Perguruan-perguruan tingginya seperti ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po and the Sorbonne telah menghasilkan banyak filsuf, ilmuwan dan tokoh dalam 100 tahun terakhir ini. Belum lagi barisan seniman yang dihasilkannya. Mahasiswa mendapatkan kenikmatan mendapatkan pendidikan termaju, dengan ukuran kelas kecil dan biaya pendidikan yang rendah. (eh)


=====

Monday, September 17, 2012

Menapaki Megahnya Puncak Mahameru

Klik untuk perbesar
Siapa yang tak kenal dengan gunung Semeru? Gunung berapi tertinggi di pulau Jawa ini memang memiliki daya tarik tersendiri di kalangan para pendaki maupun penikmat alam itu sendiri. Puncak Para Dewa, begitulah sebutan untuk gunung ini mengingat kita bisa menyaksikan riak samudra awan putih dari puncak, seolah-olah kita memang sedang berada dalam singgasana langit-Nya.
Klik untuk perbesar
Pesona yang dimilikinya membuat sekelompok laki-laki dan perempuan dari Bandung dilanda penasaran untuk mencoba mendakinya. Dari Bandung menuju Malang kami menggunakan kereta api Malabar dari Stasiun Hall Bandung. Kami mendapatkan gerbong ekonomi plus yang harga tiketnya Rp 140.000,- per orang yang sudah kami pesan sekitar 3 minggu sebelum keberangkatan mengingat masih suasana lebaran 1433 H. Rentang waktunya memang cukup lama, tapi itu sangat memudahkan kita sendiri ketika keberangkatan. Pihak Kereta Api Indonesia juga memberikan pelayanan yang nyaman dan memuaskan sekarang, saat pembelian tiket kita juga perlu menunjukkan KTP karena tiket yang dipesan hanya untuk satu identitas penumpang saja. Bagi penumpang yang identitas di KTP dan tiketnya berbeda maka tidak diperkenankan untuk menaiki kereta yang bersangkutan. Awalnya memang terlihat seperti yang merepotkan bagi saya sendiri, tapi mungkin itulah salah satu faktor yang membuat stasiun sekarang lebih rapi, tertib dan bebas dari calo. Hebatnya lagi, pukul 15.30 WIB tepat kereta api Malabar berangkat dari Stasiun Hall sesuai jadwal!
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar

Kami sampai Stasiun Malang sekitar pukul 07.30 WIB.Tujuan selanjutnya adalah Tumpang, tepatnya di Posko Pendakian Bromo Semeru guna menyewa jeep, kendaraan four-wheel drive yang katanya mampu membawa rombongan pendaki hingga Ranu Pani. Biayanya Rp 30.000,- per orang dan kita harus menunggu hingga kuota 15 orang terpenuhi. Karena jeep akan berangkat kalau kuotanya sudah cukup.

Tengah hari sekitar pukul 12.00 WIB rombongan kami berangkat. Di perjalanan kami singgah terlebih dahulu di Seksi Pengelolaan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru untuk mengurus surat perizinan pendakian. Seluruh calon pendaki gunung Semeru wajib untuk mengajukan surat izin untuk masuk wilayah konservasi berupa surat pernyataan yang ditempeli materai Rp 6.000,- per kelompok. Masing-masing pendaki juga wajib menyerahkan fotokopi identitas (KTP/ SIM/ KTM/ Kartu Pelajar) rangkap dua serta fotokopi surat keterangan sehat dari dokter. Kita bisa mendapatkan surat keterangan sehat dari Posko Pendakian Bromo Semeru di Tumpang dengan membayar investasi sebesar Rp 6.000,- per orang jika belum dipersiapkan. Tak lupa juga membayar biaya perizinan perorangan. Total biaya untuk pelajar/ mahasiswa adalah Rp 5.750, untuk umum adalah Rp 7.000, dan untuk wisatawan mancanegara adalah Rp 24.500,-. Bagi pendaki nusantara yang membawa perlengkapan dokumentasi, maka akan dikenai biaya tambahan Rp 5.000,- per kamera dan Rp 15.000,- per handycam. Bagi pendaki/ wisatawan mancanegara dikenai tambahan biaya Rp 50.000,- per kamera dan Rp 150.000,- per handycam.
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar

Setelah makan siang dan mengecek kembali perbekalan, kami berangkat dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo sekitar pukul 15.00 WIB. Bendera merah-putih yang berkibar dengan megahnya seakan menyambut perjalanan kami. Jalur Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo yang berjarak sekitar 10,5 km sendiri terbagi menjadi beberapa titik. Kita akan melewati Landengan Dowo dan Watu Rejeng terlebih dahulu. Jalur ini lumayan menguras tenaga karena menanjak di awal perjalanan.Oksigen yang mulai menipis akan membuat beberapa orang, terutama bagi yang pertama naik gunung mengalami kondisi mountain sickness. Yaitu berkurangnya peredaran oksigen oleh darah ke otak sehingga akan mengalami pusing atau bahkan mual selama pendakian. Dengan jalan perlahan tapi stabil serta menghirup udara secara mendalam melalui hidung dan dikeluarkan lewat mulut akan cukup membantu untuk menstabilkan dan membantu tubuh beradaptasi dengan lingkungan. Beberapa pohon yang melintang dan jurang di kanan-kiri jalur juga cukup membuat kami berkonsentrasi kepada langkah. Ada pula batang pohon yang menghalangi sehingga kita harus agak merunduk untuk menghindarinya.Pergerakan akan cukup susah bagi pendaki yang membawa ransel carrier yang cukup tinggi. Kita bisa beristirahat di pos-pos yang sudah ada sepanjang perjalanan. Setidaknya ada 4 pos yang ditemui selama perjalanan. Hanya saja kondisi pos 3 sedang ambruk waktu itu.

Ranu Kumbolo adalah tempat bermalam kami yang pertama. Area seluas 15 Ha dengan ketinggian sekitar 2400 mdpl dan suhu antara -5 hingga -20 derajat Celcius ini bakal membuat pendaki kedinginan. Jaket, sarung tangan dan kaos kaki yang tebal adalah perlengkapan yang nampaknya harus dipakai di tempat ini.Namun, semua itu sirna dengan pemandangan matahari terbit di tempat ini.Matahari yang muncul nampak diapit oleh dua punggungan dan terbiaskan oleh danau yang begitu jernih menjadi objek yang menarik untuk diabadikan, terutama oleh para fotografer.
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
Ada satu tanjakan yang populer di kalangan pendaki, Tanjakan Cinta. Beberapa berpendapat kalau bentuknya menyerupai bentuk hati jika dilihat dari kejauhan. Barang siapa yang mampu mendaki tanjakan ini tanpa berhenti, tidak menengok ke belakang dan menyebutkan nama seseorang yang dipikirkan konon katanya itulah yang akan menjadi jodohnya. Sekali lagi ini hanya sekedar rumor pembicaraan di kalangan pendaki.Tanjakan inilah titik mula perjalanan menuju Kalimati. Jarak tempuhnya adalah sekitar 7,5 km dan pendaki akan melewati Cemoro Kandang dan Jambangan terlebih dahulu. Stepa dengan ketinggian 2460 mdpl yang terkenal dengan nama Oro Oro Ombo menjadi pemandangan yang menarik sebelum beristirahat sejenak di Cemoro Kandang. Karena kita akan merasa seolah-olah sedang berada di sebuah padang yang luas di Afrika. Jalur setelahnya lumayan mendaki dan berdebu.Penutup wajah seperti masker atau syal disarankan untuk digunakan.Sekitar 4-5 jam perjalanan kami memutuskan untuk bermalam di Kalimati.
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
Klik untuk perbesar
 Di sebelah Barat Kalimati ada sebuah mata air yang tak pernah kering dan langsung bisa diminum bernama Sumber Mani. Dengan waktu tempuh sekitar 30-45 menit, disarankan untuk mengambil air secukupnya sesuai kebutuhan. Inilah hiburan dan kegembiraan tersendiri bagi kami mengingat sensasi kesegaran airnya yang akan sulit dicari jika melakukan pendakian di tempat yang lain.Kita juga bisa melihat tingkah polah burung yang sedang mencari sisa-sisa makanan dari bekas campyang ditinggalkan pendaki. Disarankan untuk tidur setelah Maghrib-Isya karena pendakian menuju puncak Mahameru dilakukan saat pagi-pagi buta dan harus kembali menuju camp sebelum pukul 10.00 WIB. Karena angin yang membawa asap beracun dari kawah Jonggring Saloka akan berubah setelah waktu tersebut. Sekitar pukul 00.30 WIB kami mulai mendaki setelah sebelumnya menghangatkan diri dengan makanan dan air yang telah dipanaskan.

Beberapa lapis pakaian, jaket dengan lapisan polar, sarung tangan, kaos kaki, penutup wajah, kacamata hitam, kupluk, senter atau headlamp dan pelindung sepatu merupakan peralatan yang harus dipakai mengingat suasana yang dingin dan berdebu selama pendakian menuju puncak. Saya sendiri menggunakan 5 lapis baju ditambah jaket dan raincoat.

Diawali menuju Arcopodo dengan ketinggian 2900 mdpl, jalur sepanjang 1,2 km ini lumayan menanjak. Ditemui juga banyak pendaki yang membuat camp di tempat ini. Istirahat sejenak untuk menstabilkan nafas akan membantu karena setelah ini adalah pendakian menuju puncak Mahameru!
Klik untuk perbesar

Disarankan agar setiap pendaki dalam tim membawa air minum dalam botol berukuran 600 ml dan makanan manis yang mengandung kalori yang cukup untuk mendaki seperti cokelat atau gula jawa untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti terpisah atau tertinggal jauh dari rombongan. Sehingga kita sendiri mempunyai bekal yang cukup hingga puncak.Karena jalur lurus berpasir dan berbatu disini sangat membuat saya kerepotan. Perumpamaan yang beredar di kalangan pendaki adalah 5-3, yaitu jika kita berjalan lima langkah, maka akan merosot kembali ke bawah tiga langkah. Walaupun jarak dari Arcopodo hingga puncak hanya 1,5 km, membutuhkan waktu sekitar 4-6 jam untuk menempuhnya. Jika dari awal pendakian membawa tongkat maka akan sangat membantu disini.

Hadapi tantangannya, hayati suasananya dan nikmati pengalamannya. Karena sajian langit biru, awan putih yang terlihat sepanjang mata memandang, kepulan asap dari kawah Jonggring Saloka, prasasti almarhum Soe Hok Gie dan Idhan Lubis, bendera merah-putih yang berkibar serta papan bertuliskan MAHAMERU 3676 mdpl semakin meyakinkan bahwa kita telah berada di puncak termegah di pulau Jawa!
Klik untuk perbesar



Sunday, September 16, 2012

Cerpen: harun dan Musik

Oleh Arifin Gani
Adalah seorang saudagar kaya raya yang hidup ratusan sahun yang lalu. Ia mempunyai seorang anak laki-laki bernama Harun. Saudagar ini menginginkan Harun kelak menjadi saudagar pula seperti dirinya. Karena itu setiap hari Harun diajari ilmu dagang. Harun sebenarnya tak mau jadi saudagar. Ia lebih suka musik. Tapi ia tak berani membantah ayahnya.
Suatu haru Harun dipanggil ayahnya.
"Aku merasa kau sudah cukup besar dan mampu berdagang. Aku sudah mengajarkan ilmu-ilmu dagang padamu. Berniagalah ke selatan. Aku akan memberimu sekantung uang emas sebagai modal. Tahun depan engkau harus kembali kemari untuk menunjukkan apa saja yang telah kau peroleh dalam perniagaanmu," perintah ayah harun.
Seperti biasa, Harun tak bisa membantah.
"Baiklah, ayah. Akan saya laksanakan perintah ayah."
Berangkatlah harun ke Selatan. Setelah menempuh perjalanan yang cukup jauh tibalah ia di sebuah pasar. Pasar itu ramai sekali. Harun melihat sekelompok orang berkerumun. Didekatinya kerumunan itu. Rupanya orang-orang sedang menonton seorang laki-laki bermain seruling. Tiupan seruling laki-laki itu merdu sekali hingga Harun kagum dibuatnya. Penonton bertepuk tangan, lalu melemparkan kepingan-kepingan uang perak ke atas tikar pemain seruling itu.
"Mengagumkan," gumam Harun. "Aku ingin bisa bermain seruling seperti dia."
Ketika kerumunan penonton bubar, Harun menghampiri pemain seruling itu.
"Saya mengagumi kepandaian Tuan bermain seruling," puji Harun.
"Aku memang peniup seruling terbaik di negeri ini, Nak," ujar si Pemain seruling bangga.
"Maukah Tuan mengajari saya bermain seruling? Saya bersedia membayar Tuan dengan sekantung uang emas," tawar Harun tanpa ragu.
Pemain seruling itu setuju. Maka mulailah harun belajar bermain seruling. Karena ia memang menyukai musik dan berlajar dengan sungguh-sungguh dalam waktu singkat ia berhasil menyelesaikan pelajarannya.
"Ternyata kau anak pandai. Kau berbakat menjadi seorang pemusik, anak muda," kata si Peniup seruling.
"Semua kepandaianku sudah kuajarkan padamu, karena itu kau boleh pergi sekarang. Bawalah serulingku ini sebagai kenang-kenangan."
Setelah mengucapkan terima kasih Harun melanjutkan perjalanannya. Beberapa hari kemudian ia tiba disebuah dusun kecil. Ada sebuah rumah kayu di pinggir jalan. Harun mendengar alunan suara yang sayup-sayup dari rumah kayu itu. Ia lalu mengintip lewat jendela rumah itu. Tampak seorang laki-laki sedang bermain sitar, sebuah alat petik petik yang mirip dengan gitar.
"Oh, rupanya suara alat musik itu," gumam Harun.
Diperhatikannya permainan laki-laki penghuni rumah itu. Petikannya begitu lincah, menimbulkan suara berdenting-denting yang menggetarkan perasaan Harun.
Tanpa disadarinya ia masuk ke rumah itu.
"Indah sekali, Tuan," puji Harun
"Pandai sekali Tuan memainkannya. Saya ingin memiliki kepandaian seperti Tuan."
Laki-laki itu menghentikan permainannya, lalu menatap Harun dengan curiga.
"Siapa kau?" tanyanya.
"Nama saya Harun. Saya kemari karena tertarik oleh suara merdu alat musik itu," jelas Harun.
"Maukah Tuan mengjarkan kepandaian Tuan pada saya?"
"Aku tidak pernah mengajarkan kepandaianku pada siapapun," tolak pemain sitar itu. Tapi Harun tak menyerah begitu saja.
"Saya pandai bermain seruling. Saya akan ajari Tuan meniup seruling asalkan Tuan mau mengajari saya memetik sitar," tawar Harun.
Si Pemetik Sitar terdiam sesaat.
"Baiklah," katanya kemudian.
"Aku terima tawaranmu."
Mereka saling tukar kepandaian. Harun mengajari si Pemetik Sitar meniup seruling dan si Pemetik Sitar mengajari Harun memetik Sitar.
Beberapa bulan kemudian.
"Aku sudah mengajarkan semua kepandaianku," kata si Pemetik Sitar pada Harun. "Jadi pelajaranku sudah selesai."
"Saya juga sudah mengajarkan semua kepandaian saya," ujar harun. "Maka pelajaran yang saya berikan berkahir sampai disini."
Sebelum berpisah, si Pemetik Sitar memberikan sebuah sitar kepada Harun. Kemudian harun melanjutkan perjalanannya.
Satu tahun hampir terlewati. Pada bulan kesepuluh Harun tiba di sebuah kota kerajaan. Pesta tengah berlangsung di kota itu. Pawai yang semarak memadati jalan. Harun mendengar suara dentuman yang berulang-ulang dan berirama. Dicarinya suara itu. Tak lama kemudian ia melihat seorang berpakaian badut memukuli tambur. Dihampirinya penabuh tambur berpakaian badut itu.
"Saya mengagumi permainan tambur Tuan," ujar Harun.
"Kau ingin bisa bermain tambur?" tanya si Badut.
"Ya. Maukah Tuan mengajari saya? Sebagai imbalan saya akan mengajari Tuan bermain seruling dan sitar."
Badut penabuh tambur itu menyetujui tawaran Harun. Ia ajari Harun bermain tambur, sebaliknya Harun pun mengajarinya bermain seruling dan sitar.
Dalam waktu singkat mereka telah menyelesaikan pelajarannya masing-masing. Ketika akan berpisah, si Pemain Tambur menghadiahi Harun sebuah tambur.
Harun merasa sudah saatnya untuk pulang. Setelah menempuh perjalanan yang melelahkan ia tiba dirumahnya.

"Kau sudah kembali. Apa saja yang kau dapat?" tanya ayah Harun.
Harun menunjukkan sebuah seruling, sebuah sitar dan sebuah tambur kepada ayahnya.
"Apa maksudmu dengan semua ini?" tanya ayahnya heran.
Harun menceritakan semua pengalamannya selama satu tahun. Ia ungkapkan dari awal hingga akhir.
Begitulah, ayah," Harun mengakhiri penuturannya. "Keahlian bermain musiklah yang saya dapatkan dalam perniagaan."
Ayah Harun terdiam. Dipandangnya Harun, lalu dipandangnya alat-alat musik yang berada di depannya. Perlahan-lahan ia tersenyum. Senyum bangga dan haru.
Sejak itu ayah Harun tak pernah lagi memaksa Harun menjadi saudagar. Ia berikan Harun kebebasan untuk menentukan pilihannya sendiri.

Software: ACDSee Pro 5.0




System Requirements :
  • Windows XP, Vista, 7
  • Intel® Pentium® III / AMD Athlon processor or equivalent (Intel® Pentium® 4 / AMD Athlon XP or equivalent recommended)
  • 512 MB RAM (1 GB RAM recommended)
  • 250 MB free hard drive space (1 GB recommended)
  • High Color display adapter at 1024 x 768 resolution (1280 x 1024 recommended)
  • CD/DVD Burner - for creating CDs and DVDs


Mediafire
ACDSee Size: 70 MB
Crack Only Size: 6 MB

Sunday, September 9, 2012

Perkembangan Kehidupan Bangsa dan Negara pada Masa Demokrasi Terpimpin (Orde Lama) Part 1

Gambar Ilustrasi, diambil dari Google
A. Tindak Lanjut Pelaksanaan Dekrit Presiden 5 Juli 1959
Setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit 5 Juli 1959, ada beberapa tindakan penting yang dilakukan Presiden Soekarno sebagai tindak lanjut pelaksanaan Dekrit 5 Juli 1959.
  1. Pembentukan MPRS
  2. Melalui Penpre No. 2 Tahun 1959 presiden membentuk lembaga baru MPRS yang diketuai Chaerussaleh. 
    Anggota MPRS tersebut diangkat dari:
    1. anggota DPR (61 orang)
    2. utusan daerah (94 orang)
    3. utusan golongan (200 orang)
    Mereka yang diangkat menjadi anggota MPRS tentu harus sejalan dan mendukung kebijakan presiden, misalnya:
    1. mendukung Dekrit 5 Juli 1959
    2. mendukung manifesto politik
    3. setia kepada perjuangan RI
  3. Pembentukan DPAS
  4. Melalui Penpres No. 3 Tahun 1959 pemerintah membentuk DPAS yang diketuai Roeslan Abdul Gani. Susunan anggota DPAS terdiri atas: 1 orang ketua dan wakil, 12 orang wakil parpol, 8 orang utusan daerah, dan 24 orang wakil golongan. DPAS bertugas untuk menjawab pertanyaan presiden dan mengajukan usul kepada pemerintah.
    Karena pengangkatan DPAS berdasarkan Penpres maka banyak anggota DPAS yang hanya menyepakati keinginan presiden, misalnya: Pidato presiden yang berjudul Penemuan Kembali Revolusi Kita diusulkan kepada DPAS agar dijadikan GBHN
  5. Pembentukan DPRGR
    Setelah DPR hasil pemilu dibubarkan oleh presiden, tindakan presiden selanjutnya adalah membentuk DPRGR melalui Penpres No. 4 Tahun 1960 tanggal 24 Agustus 1960. Pengangkatan anggota DPRGR tidak berdasarkan komposisi kekuatan parpol yang ada, tetapi berdasarkan penetapan presiden yang dimungkinkan bisa diajak kerjasama dan gotong-royong.
    Yang diuntungkan dengan adanya kebijakan ini ialah PKI karena wakil PKI menjadi besar. Sementara golongan Islam menjadi berkurang wakilnya.
    DPRGR dilantik tanggal 25 Juli 1960 oleh Presiden Soekarno. Adapun tugasnya adalah sebagai berikut.
    1. Melaksanakan demokrasi terpimpin
    2. Melaksanakan amanat penderitaan rakyat
    3. Melaksanakan manifesto politik
  6. Pembentukan Front Nasional
  7. Melalui Penpres No. 13 Tahun 1959 pemerintah membentuk Front Nasional yang tugasnya:
    1. menyelesaikan revolusi nasional
    2. melaksanakan pembangunan
    3. mengembalikan Irian barat
    Keanggotaan Front Nasional diangkat berdasarkan Ketetapan Presiden. Oleh karena itu, PKI dapat mendominasi Front Nasional. Pembentukan Front Nasional tersebut merupakan penyimpangan terhadap UUD 1945
  8. Pembentukan Depernas
  9. Maksud dibentuknya Depernas ialah untuk merancang pembangunan nasional. Depernas beranggotakan 50 orang dan diketuai M. Yamin. Tugas Depernas adalah sebagai berikut
    1. Menyusun rencana pembangunan
    2. Mengawasi pelaksanaan pembangunan
    3. Menilai hasil kerja mandataris MPRS
    Pada tahun 1963 Depernas diubah namanya menjadi Bappenas.
B. Gerakan Non-Blok
  1. Pengertian
  2. Gerakan Non-Blok adalah gerakan negara-negara berkembang yang tidak memihak kepada salah satu pihak yang bertikai atau kepada salah satu blok baik Barat maupun Timur
  3. Latar Belakang dan Pelopor Pendiri GNB
  4. Sebab yang mendorong berdirinya GNB ialah konflik Blok Barat dan Blok Timur yang memungcak ketika terjadi Krisis Cuba.
    Pada waktu itu Uni Soviet membangun pangkalan peluru kendali besar-besaran di Cuba yang dapat mengancam keamanan Amerika Serikat.
    Negara-negara berkembang tersebut dipelopori oleh:
    a.Indonesia:Presiden Soekarno
    b.Yugoslavia:Yoseph Bros Tito
    c.India:Jawaharlal Nehru
    d.Mesir:Gamal Abdul Nasser
    e.Ghana:N. Krumah
    Mengadakan KTT di Beograd tanggal 1-6 September 1961. Hasilnya ialah berupa Piagam Beograd  yang isinya sebagai berikut:
    1. Menyerukan Amerika Serikat dan uni Soviet agar damai
    2. menyerukan Blok Barat dan Blok Timur agar menghentikan perang dingin
  5. Tujuan
  6. Tujuan GNB adalah sebagai berikut
    1. ke luar : menciptakan perdamaian dunia
    2. ke dalam : menggalang kerja sama ekonomi sosial budaya para anggota yang dirasa masih ketinggian
    3. Prinsip GNB
      1. GNB tidak memihak kepada salah satu blok
      2. GNB bukanlah blok tersendiri dan tidak tergabung dalam blok yang bertikai
      3. GNB merupakan wadah perjuangan negara-negara yang sedang berkembang yang tidak pasif
      4. GNB menyokong perjuangan:
        1. dekolonisasi
        2. melawan imperialisme
        3. melawan kolonialisme
        4. melawan neo kolonialisme
        5. melawan rasialisme
        6. melawan apartheid dan zionisme
    4. KTT GNB
    5. KTT GNB diselenggarakan tiap 3 tahun sekali. KTT merupakan pertemuan puncak kepala-kepala negara anggota GNB
      No.Ke-TanggalTempathasil
      1.I1-6 SeptemberBeograd, Yugoslavia-Piagam Beograd
      2.II5-10 Oktober 1964Kairo, Mesir- Demokratisasi dalam hubungan internasional
      - Meningkatkan kerja sama ekonomi antaranggota
      3.III8-10 September 1970Lusaka, Zambia- Meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran para anggota
      - Menghapus segala bentuk penjajahan diatas dunia
      4.IV5-9 September 1973Algier, Aljazair- Kerjasama ekonomi dunia ketiga
      - Masalah krisis Timur Tengah
      - Apartheid di Afrika Selatan
      5.V16-19 September 1976Colombo, Srilanka- Masalah bahaya nuklir
      - Memperkokoh persatuan
      - Memajukan negara berkembang
      6.VI3-9 September 1979Havana, Cuba- Masalah bantuan ekonomi bagi anggota GNB
      - Peran PBB dalam tata ekonomi dunia baru
      7.VII7-12 Maret 1983New Delhi, India- Menghentikan penggunaan senjata Nuklir
      - Zone bebas nuklir diperluas
      8.VIII1-6 September 1986Harare, Zimbabwe- Menyerukan penghentian perlombaan senjata nuklir (AS-US)
      - Mendukung sanksi politik apartheid di Afrika Selatan
      - Mengutuk infasi AS ke Libya
      9.IX1-6 September 1989Beograd, Yugoslavia- Masalah perang Teluk
      - Dialog Selatan-Selatan
      10.X1-6 September 1992Jakarta, Indonesia- Dialog Utara-Selatan
      - Kerja sama ekonomi Utara-Selatan
      11.XI16-22 Oktober 1995Kartagena, Colombia- Restruktur PBB
      - Keanggotaan PBB
      - Masalah isu global
      - Relevansi GNB pasca perang dingin
      12.XII1-6 September 1998Durban, Afrika Selatan- Demokrastisasi dalam hubungan internasional
      13.XIIIFebruari 2003Kuala Lumpur, Malaysia
    6. Relevansi GNB Pascaperang Dingin
    7. Walaupun perang dingin sudah berakhir, peranan GNB tetap diperlukan bagi negara-negara berkembang, misalnya:
      1. sebgai alat perjuangan menghadapi isu global seperti isu HAM dan lingkungan hidup
      2. sebagai alat penekan bagi negara berkembang terhadap nagara maju
      3. sebagai alat menggalang kerja sama ekonomi, sosial dan budaya negara-negara anggota
    B. Penyimpangan-penyimpangan terhadap Pancasila dan UUD 1945
    Masa demokrasi terpimpin disebut juga Orde Lama (5 Juli 1959 s.d. 11 Maret 1966). Pada masa ini banyak terjadi penyimpangan dalam praktik ketatanegaraan, antara lain sebagai berikut:
    1. Anggota MPRS diangkat berdasarkan ketetapan presiden, mestinya lewat pemilu
    2. Ketua MPRS merangkap Waperdam III
    3. DPR hasil pemilu 1955 dibubarkan presiden karena menolak RAPBN yang diajukan presiden
    4. Pidato presiden 17 Agustus 1959 dijadikan GBHN
    5. Presiden Soekarno diangkat menjadi presiden seumur hidup dalam sidang umum II MPRS/1963
    6. Pembentukan lembaga-lembaga negara yang tidak diatur dalam UUD 1945 seperti:
      1. MPRS
      2. Front Nasional, dan
      3. DPRGR
    7. Membelokkan politik luar negeri bebas aktif condong ke blok komunis


    Capek ngetiknya. :(

    Bersambung...